Gelar Soft Opening Muhammadiyah Green School, SMP Muhammadiyah 1 Gamping Terima Banyak Apresiasi

GAMPING - SMP Muhammadiyah 1 Gamping secara resmi telah membuka program baru, Muhammadiyah Green School (MGS) pada Rabu, (17/7) di halaman SMP Muhammadiyah 1 Gamping. Acara yang bertema Soft Opening Muhammadiyah Green School Yogyakarta itu dibuka langsung oleh Direktur MGS sekaligus kepala sekolah SMP Muhammadiyah 1 Gamping, Umi Rochmiyati, S.Pd., dan diresmikan kemudian oleh Wakil Ketua Majelis Dikdasmen PWM DIY, Achmad Muhammad, M.Ag.

"Saya sampaikan bahwa sekolah kami telah ditunjuk sebagai pionir untuk menjalankan dan mengawali Muhammadiyah Green School sebagai program dari Pimpinan Cabang Muhammadiyah Gamping (PCM). Tentu ini menjadi tantangan tersendiri bagi kami. Untuk itu kami memohon kepada segenap masyarakat dan pimpinan Muhammadiyah untuk dapat mendorong dan mendukung program MGS ini," kata Umi Rochmiyati, S.Pd., dalam sambutannya.

Secara atributif, soft opening MGS telah menandai secara resmi program besar PCM Gamping untuk membentuk sekolah bersistem Boarding School dan Full day School secara bersamaan. Menurut ahli pengembangan MGS, Dr. Ir. Samiyanto, M.Sc., sistem boarding akan berafiliasi pada pola pesantren, sedangkan sistem full day ter-include pada 3 (tiga) sekolah berjenjang, yaitu SD Muhammadiyah Ambarketawang 2, SMP Muhammadiyah 1 Gamping, dan SMK Muhammadiyah Gamping.

"Dengan soft opening yang diawali dengan full day school program MGS di SMP Muhammadiyah 1 Gamping ini, diharapkan pembangunan untuk boarding school juga dapat segera diselesaikan. Paling tidak 2 (dua) tahun ke depan harapan kita sudah benar-benar terwujud," terangnya.

Dalam konteks muatan pendidikan, sebagai langkah menghadapi kemajuan zaman, MGS akan menekankan pada 4 (empat) karakter utama, yakni qur'ani melalui pembelajaran tahfidz qur'an, peduli lingkungan, multiple intelegence, dan teknologi informasi. "Empat karakter utama dalam MGS diharapkan menjadi identitas sekolah, sehingga nanti dapat membedakan dengan sekolah lain. Harapannya tentu MGS dapat unggul dan terpercaya dalam masyarakat," imbuhnya.

Melalui sambutannya, Wakil Ketua Majelis Dikdasmen PWM DIY, Achmad Muhammad, M.Ag., mendukung penuh atas terciptanya konsep MGS tersebut. "Marilah kita sambut bersama-sama MGS ini dengan rasa syukur dan dukungan penuh," ucapnya sesaat sebelum meresmikan program MGS.

Dalam kesempatan sebelumnya, dukungan dan apresiasi juga disampaikan oleh Camat Gamping. Secara eksplisit, Arif Marwoto dengan tangan terbuka menyambut kehadiran sekolah berbasis alam-religius tersebut. "Kami ikut bangga dan mengapresiasi program MGS ini. Dalam kesempatan berikutnya, kami bersedia membantu berbagai kebijakan dan kegiatan yang melibatkan kecamatan Gamping," jelasnya. (ang.)