Profil

Sejarah

SMP Muhammadiyah 1 Gamping

SMP Muhammadiyah 1 Gamping berawal dari sebuah organisasi kampung bernama “MITROSETYO” yang beranggotakan 9 tokoh Muhammadiyah. Ketika berdiri nama masih PGA, kemudian berubah menjadi SMP Muhammadiyah. Pada awalnya proses belajar mengajanya dilaksanakan di masjid-masjid dan serambi rumah-rumah penduduk, karena belum mempunyai gedung sendiri.

Berkat perjuangan guru dan tokoh akhirnya pada tahun 1963 berdiri sebuah gedung dengan 3 ruangan. Baru pada tahun 1986 sekolah ini mendapatkan SK dari pemerintah setempat.

Dalam perkembangannya SMP MUhammadiyah 1 Gamping telah beberapa kali mengalami pergantian kepala sekolah. Adapaun kepala sekolah yang pernah menjabat di SMP Muhammadiyah 1 Gamping adalah :

1. Abc

A. Visi

VISI : Berakhlak Qur’aniUnggul, dan Terpercaya 


Indikator:

a. Kemampuan akademik berada pada rangking 1 (satu) di sekolah Muhammadiyah tingkat Kabupaten Sleman dan masuk 10 besar di sekolah Muhammadiyah tingkat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

b. Kemampuan non-akademik masuk dalam 5 besar di sekolah Muhammadiyah tingkat Kabupaten Sleman serta masuk 10 besar di sekolah Muhammadiyah tingkat provinsi.

c. Terselenggaranya pendidikan dasar dan menengah yang berbasis kelestarian lingkungan hidup.

d. Terselenggaranya pendidikan berbasis potensi dan bakat peserta didik.

e. Terselenggaranya pendidikan yang berbasis kemajuan teknologi informasi.

f.  Terwujudnya sekolah unggul dan favorit.

g. Terbentuk lulusan yang berbasis pada nilai – nilai Al Qur’an

 

B. Misi

 

B. Misi

 

1. Meningkatkan kemampuan akademik berada pada rangking satu (1) di sekolah Muhammadiyah tingkat Sleman dan masuk sepuluh (10) besar di sekolah Muhammadiyah tingkat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

a.         Melaksanakan pembelajaran PAIKEM melalui 6C (berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, komunikatif, compassion dan computasional).

b.         Melaksanakan tambahan pelajaran /LES

c.         Melaksanakan bimbingan yang efektif

d.         Meningkatkan pengadaan sarana dan prasarana pembelajaran

e.         Menciptakan suasana yang mendukung kegiatan belajar

f.          Melaksanakan pengembangan SDM Pendidik dan kependidikan

g.         Melaksanakan pembelajaran berbasis IT

h.         Mengikuti kegiatan TPPU

 

2. Kemampuan non-akademik masuk dalam 5 besar di sekolah Muhammadiyah tingkat Kabupaten Sleman serta masuk 10 besar di sekolah Muhammadiyah tingkat provinsi

 

a.         Melaksanakan kegiatan ekstra-kurikuler sesuai dengan pilihan siswa.

b.         Meningkatkan pengadaan sarana dan prasarana kegiatan ekstra

c.         Melaksanakan pengembangan bakat minat terintegrasi dalam proses pembelajaran.

d.         Menyelenggarakan tes potensi dan bakat anak (multiple inteligencies)

e.         Mengikuti berbagai kegiatan kejuaraan/ lomba

f.          Mengikuti O2SN dan Olympicad

 

3. Meyelenggarakan pendidikan dasar berbasis kelestarian lingkungan hidup.

 

a.         Mengintegrasikan pendidikan lingkungan hidup dalam mataa pelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler seperti Hizbul Watan (HW)

b.         Pengelolaan sampah dengan mendirikan Bank Sampah Sekolah sehingga dapat dimanfaat untuk reduce, reuse, dan recycle sampah yang ada disekolah sebagai sarana membiasakan mencintai dan melestarikan lingkungan.

c.         Melaksanakan outdoor learning yang memunculkan keingintahuan peserta didik untuk mengenal lingkungannya.

d.         Melaksanakan kegiatan penghijaun dan tamanisasi untuk meningkatkan motivasi dan kesadaran kelestarian lingkungan hidup.

e.         Melaksanakan kegiatan bersih lingkungan sekolah

f.          Pengadaan dan penataan sarana/fasilitas pembelajaran

g.         Pengadaan dan penataan bangunan yang aman dan ramah lingkungan

 

4. Menyelenggarakan pendidikan berbasis potensi dan bakat peserta didik.

 

a.         Melaksanakan kegiatan ekstra-kurikuler sesuai dengan pilihan siswa.

b.         Meningkatkan pengadaan sarana dan prasarana kegiatan ekstra

c.         Melaksanakan pengembangan SDM Pendidik dan kependidikan

d.         Melaksanakan pengembangan bakat minat terintegrasi dalam proses pembelajaran.

e.         Menyelenggarakan tes potensi dan bakat anak (multiple inteligencies)

f.          Mengikuti berbagai kegiatan kejuaraan/ lomba

g.         Mengikuti O2SN dan Olympicad

h.         Membiasakan sikap disiplin melalui kegiatan HW dan keagamaan.

i.           Melaksanakan pengembangan diri melaui BK

j.           Melaksanakan kegiatan Literasi.

 

5. Menyelenggarakan pendidikan berbasis kemajuan teknologi informasi.

 

a.         Melengkapi sarana dan prasarana IT sekolah berupa Lboratorium IT, pemasangan WIFI.

b.         Mengadakan ektrakurikuler TI (Tehnologi Informatika).

c.         Melaksanakan pembelajaran daring dengan menggunakan berbagai macam aplikasi pembelajaran.

d.         Melaksanakan pembelajaran berbasis IT

 

6. Menyelenggarakan Pendidikan berbasis karaketer

 

a.         Menyelenggarakan kegiatan kepanduan Hizbul Wathan (HW) dan bela diri Tapak Suci (TS)

b.         Melaksanakan upacara bendera

c.         Melaksanakan tata tertib sekolah

d.         Melaksanakan kegiatan pendidikan Etika berlalu lintas

e.         Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum jam pertama dan lagu daerah/nasional setelah berakhirnya kegiatan pembelajaran

f.          Melaksanakan pembiasaan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun).

 

7. Membentuk lulusan yang berbasis pada nilai – nilai Al Qur’an melalui :

 

a.         Melaksanakan do’a bersama sebelum dan sesudah melakukan kegiatan pembelajaran.

b.         Melaksanakan tadarus Al-Quran di awal kegiatan Belajar mengajar

c.         Melaksanakan pembelajaran Tahfidz.

d.         Melaksanakan pembiasaan kegiatan ibadah harian, sholat wajib dan sunnah, tadarus Al Qur’an serta hafalan.

e.         Memperingati dan merayakan hari-hari besar Islam

 

1). Kelas Reguler Fullday

2). Kelas Unggulan Tahfidz Fullday

Kedua program kelas tersebut berfokus pada 4 pengembangan karakter, yakni:

    a. Karakter Qur’ani

    b. Multi Intelegensi

    c. Kepedulian terhadap lingkungan

    d. Keterampilan teknologi informatika

• Ruang Kelas Representatif

• Ruang Kelas ber-AC*

• Lab. Komputer Ber-AC (2)

• Ruang Bimbingan Konseling

• Lab. IPA Lengkap

• Lapangan Volley

• Perpustakaan Lengkap

• Internet/ Hotspot Area

• LCD Projector Setiap Kelas

• Mushola

• Gazebo

• Alat olahraga lainnya