Gelar Wisuda dengan Prokes Ketat, Muhiga Terima Apresiasi

GAMPING - Wisuda dan pelepasan dengan protokol kesehatan (prokes) ketat berlangsung tertib dan lancar di SMP Muhammadiyah 1 Gamping, Ahad (6/6) pagi hari. Sekalipun Drive Thru, ketua panitia Tomy Antoro, S.Pd., menyampaikan sebanyak 149 peserta didik tetap mengikuti 'prosesi' wisuda sesuai sistem yang efektif dan aman dari sekolah.

 

"Total undangan ada 153 peserta didik, namun yang hadir ikut prosesi sekitar 149 peserta didik. Dengan adanya prosesi, seluruh peserta kami wajibkan hadir dalam keadaan sehat, lolos cek suhu, (sudah) sterilisasi tangan, menjaga jarak, dan datang sesuai jadwal yang kami tentukan." jelasnya.

 

Koordinator acara sekaligus Waka Bid. Kesiswaan, Angga Trio Sanjaya, M.Pd., menambahkan pelaksanaan wisuda dan pelepasan dilakukan berdasarkan sistem Drive Thru dimodifikasi. "Artinya, setelah mematuhi prokes dan memenuhi aturan, peserta didik kami arahkan mengikuti prosesi pengalungan samir, pemberian berkas, dan berfoto tunggal di panggung yang kami sediakan. Sedangkan orang tua atau wali yang menunggu tidak diperkenankan mematikan mesin, turun kendaraan, maupun parkir di lokasi," terangnya.

 

Menanggapi hal ini, Gugus Tugas Covid 19 Kapanewon Gamping, Bhabinkamtibmas Kalurahan Ambarketawang, Aipda Ibnoe dan Babinsa Koramil 17 Kapanewon Gamping, Sertu Dawamiyanto, menyampaikan penghargaan terhadap ketertiban pelaksanaan wisuda dan komitmen kuat dalam mematuhi prokes yang telah dijalankan.

 

"Kami memberikan apresiasi kepada SMP Muhammadiyah 1 Gamping atas pelaksanaan Wisuda sistem Drive Thru. Sekolah telah berpartisipasi mendukung program pemerintah menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Pelaksanaan seperti ini semoga bisa mengedukasi sekolah lain, mengingat di masa pandemi kita harus terus bersama mencari terobosan baru untuk menekan laju penularan covid 19 dan mengubah daerah kita menjadi zona hijau," ujarnya.

 

Dengan suksesnya pelaksanaan wisuda, Kepala SMP Muhammadiyah 1 Gamping Hj. Umi Rochmiyati, S.Pd., berharap agar peserta didik mendapat dorongan dan semangat dalam memasuki pendidikan jenjang menengah atas sekalipun berhadapan dengan berbagai keterbatasan di masa pandemik.

 

"Setelah belajar di SMP Muhammadiyah 1 Gamping maka harus lebih bagus, baik, dan meningkat rasa tanggungjawab untuk kebaikan diri, keluarga, dan masyarakat. Jangan meninggalkan sholat, pandailah menjaga diri, memilih lingkungan dan sekolah lanjutan yang baik agar kelak menjadi orang yang bermanfaat bagi sesama serta selalu berbakti kepada orang tua," pungkasnya. (ang/alv)