Ismuba Competition, Membangun Karakter Religius dan Memupuk Prestasi

Ismuba Competition, Membangun Karakter Religius dan Memupuk Prestasi

Pengumuman lomba Ismuba Competition meriahkan upacara peringatan HUT RI ke-74 di halaman SMP Muhammadiyah 1 Gamping Sabtu, (17/8). Ismuba Competition sendiri sejatinya telah dilaksanakan pada Jum'at, (9/8) dalam rangka memperingati Milad Muhammadiyah ke-110 dengan mempertandingkan sembilan cabang lomba bidang ismuba.

"Alhamdulillah ismuba competition dalam rangka memperingati milad Muhammadiyah ke-110 berjalan lancar. Hari ini kami selaku tim ismuba telah mengumumkan pemenang dari sembilan cabang lombang, yaitu MSQ, MTQ, MHQ, MTtQ, adzan, pidato, rangking satu, khutbah, dan lomba kaligrafi."

"Untuk juara umum sendiri berhasil diraih kelas 8A, yang berhasil memenangkan 6 (enam) cabang perlombaan dan berhak membawa piala bergilir," ujar Ustazah Alfia Reza Adah, S.Pd., selaku koordinator pelaksana Ismuba Competition.

Menurut ketua kegiatan lomba, Dwi Prasetyaningsih, S.Pd., Ismuba Competition bertujuan untuk meningkatkan prestasi peserta didik sekaligus sebagai usaha menemukan bibit unggul sebagai langkah menghadapi lomba di tingkat kabupaten.

"Ismuba Competition dilaksanakan untuk melatih anak berkompetisi di sekolah, meningkatkan prestasi, sekaligus mencari bibit unggul guna berlomba dalam ajang MTQ tingkat sleman barat," terangnya.

Dengan diadakannya Ismuba Competition ini, Sudarmiyanti, S.Pd., selaku koordinator pengumuman lomba, berharap agar kegiatan tersebut dapat meningkatkan pengetahuan akademik dan meningkatkan keimanan peserta didik.

"Harapan kami ke depan, agar pengetahuan peserta didik dalam bidang akademik khususnya mapel ismuba semakin tinggi, pengamalan religiusitas semakin dalam, serta dapat meningkatkan iman dan taqwa sehingga menjadi anak-anak yang sholeh dan sholeha."

Hal senada juga disampaikan Waka bid. Kesiswaan, Angga Trio Sanjaya, S.Pd., bahwa pelaksanaan Ismuba Competition tersebut menjadi salah satu dari serangkaian even yang akan digelar di sekolah sebagai langkah membangun karakter peserta didik dan menciptakan tradisi berkompetisi.

"Pelaksanaan lomba menjadi salah satu ajang untuk membiasakan peserta didik berkompetisi, membangun mental dan spiritual, serta yang paling penting adalah menciptakan tradisi berprestasi bagi peserta didik. Harapannya nanti setiap kelas memiliki predikat 'juara' sesuai dengan prestasi yang diraih sebagai identitas kecerdasan majemuk," jelasnya.

Dalam hal ini sekolah sangat mendukung pelaksanaan lomba yang banyak di gelar, termasuk Ismuba Competition tersebut. "Kegiatan seperti ini harus ditingkatkan dengan persiapan yang lebih baik dan matang, sehingga selain dapat meningkatkan mutu sekolah, event semacam ini menjadi langkah tepat untuk membangun karakter berprestasi warga sekolah," ujar wakil Kepala Sekolah, Muhtar Riamta, S.Pd. (ang.)