Ismuba Competition, Membangun Karakter Religius dan Memupuk Prestasi di Tengah Pandemi

 

Pengumuman lomba Ismuba Competition & Lomba Fotografi bertema Kemerdekaan meriahkan upacara peringatan HUT RI ke-76 di halaman SMP Muhammadiyah 1 Gamping, Jum'at (27/8). Ismuba Competition sendiri sejatinya telah dilaksanakan pada Selasa, (20/7) dalam rangka memperingati Milad Muhammadiyah ke-112 dengan mempertandingkan empat cabang lomba bidang ismuba.

"Alhamdulillah ismuba competition dalam rangka memperingati milad Muhammadiyah ke-112 berjalan lancar. Hari ini kami selaku tim ismuba telah mengumumkan pemenang dari empat cabang lombang, yaitu Lomba Ceramah, Menulis Feature Sejarah Muhammadiyah, Kaligrafi, dan Cerdas Cermat ISMUBA."ujar Ustad Ahmad Muslih Atmojo, S.Pd. selaku ketua panitia Ismuba Competition.

Menurut beliau, Ismuba Competition bertujuan untuk meningkatkan prestasi peserta didik sekaligus memperkenalkan Muhammadiyah kepada peserta didik bukan hanya sebagai sebuah lembaga tempat mereka menuntut ilmu, namun juga menjadi orang yang belajar ber-Muhammadiyah.

"Ismuba Competition dilaksanakan untuk melatih anak berkompetisi di sekolah, meningkatkan prestasi, sekaligus memperkenalkan dan menjiwai Muhammadiyah," terangnya.

Dengan diadakannya Ismuba Competition ini,  Ustad Ahmad Muslih Atmojo, S.Pd., selaku panitia lomba, berharap agar kegiatan tersebut dapat meningkatkan pengetahuan akademik dan meningkatkan keimanan peserta didik.

"Harapan kami ke depan, agar pengetahuan peserta didik dalam bidang akademik khususnya mapel ismuba semakin tinggi, pengamalan religiusitas semakin dalam, serta dapat meningkatkan iman dan taqwa sehingga menjadi anak-anak yang sholeh dan sholeha."

Hal senada juga disampaikan Waka bid. Kesiswaan sekaligus panitia Lomba Fotografi, Angga Trio Sanjaya, S.Pd., bahwa pelaksanaan Ismuba Competition dan Lomba Foto Grafi tersebut menjadi salah satu dari serangkaian even yang akan digelar di sekolah sebagai langkah membangun karakter peserta didik dan menciptakan tradisi berkompetisi.

"Pelaksanaan lomba menjadi salah satu ajang untuk membiasakan peserta didik berkompetisi, membangun mental dan spiritual, serta yang paling penting adalah menciptakan tradisi berprestasi bagi peserta didik. Harapannya nanti setiap kelas memiliki predikat 'juara' sesuai dengan prestasi yang diraih sebagai identitas kecerdasan majemuk," jelasnya.

Pelaksanaan Ismuba Competition pada masa Pandemi Covid-19 diselenggarakan secara online. Peserta didik diarahkan untuk terbiasa menggunakan skema online agar mampu memupuk wawasan teknologi digital yang dewasa ini berjalan cukup cepat di berbagai belahan dunia.

"Pelaksanaan terbilang cukup sukses meskipun alur yang dilakukan menggunakan model fully online competition." ujar Ustad Ahmad Muslih Atmojo, S.Pd., melengkapi.