Laksanakan Upacara, Muhiga Peringati Hari Kesaktian Pancasila

SMP Muhammadiyah 1 Gamping melaksanakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman sekolah diikuti seluruh warga sekolah pada Selasa, (1/10) pagi. Upacara bertema "Pancasila Sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia" ini diharapkan mampu memberi pencerahan bagi peserta didik, khususnya dalam memahami pentingnya Pancasila sebagai dasar negara kita.

"Upacara ini selaras dengan tema, memang diharapkan mampu memberi kontribusi kepada warga sekolah berkaitan dengan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara. Dengan demikian kita bersedia memikirkan dan merenungi lagi pentingnya Pancasila bagi pendidikan karakter berbangsa dan bernegara," ujar Angga Trio Sanjaya, S.Pd., selaku Waka Kesiswaan.

Menurut Afuadh Afgan, S.Pd., guru mapel PKn, peringatan hari kesaktian Pancasila 1 Oktober merupakan salah satu cara menjaga Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia.

"Peringatan Hari Kesaktian Pancasila perlu diterapkan di lingkungan sekolah agar siswa dapat menjaga dan merawat Pancasila yang sedang terancam oleh paham atau ideologi lain," ujarnya.

Ditemui terpisah, hal senada juga disampaikan Tri Wulandari, S.Pd., guru mapel IPS menurutnya di tengah globalisasi, di tengah tuntutan zaman, Pancasila hari ini bukan hanya untuk peringatan semata, tapi juga sebagai tameng bangsa.

"Dengan memahami Pancasila, generasi penerus bangsa Indonesia diharapkan tetap hidup dalam koridor nilai nilai yang terkandung di dalamnya. Dengan demikian, kita menjadi pribadi yang bisa menyesuaikan dengan nilai yang ada tanpa melunturkan Pancasila itu sendiri," pungkasnya.

Dalam amanatnya, Kepala Sekolah Hj. Umi Rochmiyati, S.Pd., menghimbau agar generasi muda jangan melupakan makna Pancasila. Pancasila tidak cukup untuk diingat saja tapi dipahami dan diamalkan nilai- nilai yang terkandung di dalamnya sehingga dapat kita gunakan melawan berbagai arus besar era globalisasi. (ang.)