Membanggakan! Pelajar Muhiga Raih Silver Medal dalam Kejuaraan Taekwondo Internasional

GAMPING – Mutiara Utami Nugroho berhasil mengukir kemenangan dalam ajang International ePoomsae Championship 2022 yang diselenggarakan oleh Singapore Tae Kwon-Do Gymnasium (STKDG) pada (19-20/3). Pelajar SMP Muhamamdiyah 1 Gamping ini berhasil mendapatkan silver medal dari kategori Speed&Kicking.

 

Capaian luar biasa ini tentu menjadi kebanggaan banyak pihak. Pasalnya, dilansir dari batampos.co.id, kejuaraan STKDG International ePoomsae Championship 2022 merupakan kejuraan bergengsi dan diikuti dari berbagai negara. Pesertanya pun beragam mulai dari kelompok umur 4 tahun hingga umur 50 tahun lebih.

 

“Kejuaraan ini terdiri dari kategori poomsae dan speed kick dan dibagi pada kelompok umur,” ujar seorang narasumber.

 

Singapore Taekwondo Gymnasium, merupakan perguruan taekwondo tertua di Singapura yang berdiri sejak tahun 1962, dan merupakan pelopor olahraga bela diri taekwondo di Singapura.

 

“Sudah 60 tahun perguruan ini berdiri. Perguruan ini sangat dihormati oleh seluruh klub taekwondo di Singapura,” lanjutnya.

 

Keberhasilan ini merupakan hasil dari kebulatan tekad disertai latihan yang simultan. Pelajar kelas VIIB ini mengaku sudah lama berlatih Taekwondo dengan bergabung bersama Taekwondo Expert. Bahkan keikutsertaan dalam kejuaraan ini merupakan dorongan dan motivasi dari tim pelatih pomsae di klub tersebut.
Mutiara mengungkapkan latihan untuk kejuaraan dilakukan beberapa bulan sebelumnya, sedangkan persiapan akhir dilakukan sejak akhir tahun 2021.

 

“Benar (saya persiapan) sejak Desember 2021. Saya berlatih rutin dari bulan desember. Sebelumnya kami sudah berlatih dan kebetulan ada kejuaraan internasional yang dilaksanakan secara online dan saya diikut sertakan," lanjutnya.

 

“Saya diikutsertakan oleh pelatih saya dari Taekwondo Expert yang merupakan cabang UKM Universitas Proklamasi 45 dengan pelatih Anggi Laksmana. Kemudian (karena lomba dilakukan secara virtual) pengambilan video dilaksanakan di Transmart Maguwoharjo,” terangnya.

 

Atas prestasi yang diraih, Mutiara mengaku sangat senang dan berjanji akan berusaha mendapatkan hasil yang lebih baik untuk kejuaraan berikutnya.

 

“Saya akan berusaha mengembangkan skill, menggali potensi yang ada di diri saya, membuktikan kepada diri saya kalau saya mampu bersaing mendapatkan prestasi di ajang yang tidak kalah bergensi di kemudian nanti,” pungkasnya.

 

Prestasi ini bagi sekolah sangat bermakna sebagai langkah prestise bagi munculnya bakat-bakat lain terhadap kejuaraan Internasional. Kepala SMP Muhammadyah 1 Gamping menyampaikan apresiasi dan kebanggaannya atas hasil kejuaraan atau prestasi yang telah diraih peserta didik dan guru SMP Muhammadiyah 1 Gamping baik pada tingkat propinsi, nasional bahkan menorehkan prestasi di kancah internasional.

 

“Kejuaraan yang memuaskan ini menunjukkan bahwa kita tidak kehilangan orientasi dalam mengembangkan potensi dan bakat, kita tetap produktif untuk berprestasi di tengah pandemi global Covid-19 ini.”

 

Lebih lanjut, ia berharap semoga para prestator dari SMP Muhammadiyah 1 Gamping menjadi inspirasi bagi para siswa dan guru lain agar kita lebih optimis untuk melakukan hal serupa demi peningkatan kualitas dan kompetensi.

 

“Pada akhirnya, dengan kualitas pendidikan yang terus meningkat diharapkan menjadi stimulus bagi penyiapan sumber daya manusia mendatang,” pungkasnya. (ang/alv).