Pondok Pesantren Modern MGS Yogyakarta Melaksanakan Sehari Belajar di Luar Kelas

GAMPING - Kamis, (7/11/2019) Pondok Pesantren Modern MGS Yogyakarta melaksanakan 'Sehari Belajar di Luar Kelas' sesuai edaran dinas nomor 463/ 5887. Menurut Hadi Surata, S.Pd., selaku Wakepsek, edaran itu menghimbau agar sekolah mengajak anak belajar di luar kelas sekaligus memenuhi hak-hak anak.

"Acara hari ini untuk melaksanakan 'Sehari Belajar di Luar Kelas', untuk memenuhi hak anak seperti hak untuk sehat, hak untuk belajar, dan sebagainya," ujarnya.

Salah seorang siswa menyambut baik agenda semacam ini. Mengingat sekolah sangat jarang sekali menyediakan agenda belajar di luar kelas seperti ini.

"Adanya kegiatan seperti ini membuat saya senang. Hal ini dikarenakan, saya bisa belajar di luar kelas dan kegiatan yang dilaksanakan (red: pentas dan lomba yel-yel) dapat menambah kekompakan sesama teman," ujar Hanifah, siswi kelas VIII A.

Angga Trio Sanjaya, S.Pd., selaku Waka Kesiswaan, mengatakan bahwa agenda ini berorientasi pada penguatan karakter, menghibur, dan edukatif.

"Agenda pertama berupa sholat dhuha, dilanjutkan sarapan bersama. Diikuti pelaksanaan literasi dan menulis resensi. Diakhiri dengan lomba yel-yel dan pantas seni berupa tari dan dakwah islami."

Menurut Umi Rochmiyati, S.Pd., kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan iklim belajar yang berbeda, serta mengukuhkan keakraban satu sama lain.

"Kegiatan ini memberikan muatan yang berbeda dari biasanya, anak-anak supaya paham bahwa belajar itu tidak hanya di dalam kelas, tapi juga dapat dilakukan di luar ruang kelas. Selain itu, agenda ini diharapkan dapat menciptakan keakraban antar siswa, guru, dan karyawan," ujarnya.