SMP Muhammadiyah 1 Gamping Laksanakan Kegiatan Kurban

SMP Muhammadiyah 1 Gamping melaksanakan kegiatan Kurban dalam rangka memperingati Idul Adha 1440 H/ 2019 M bertempat di halaman sekolah, Rabu (13/8). Penyembelihan hewan qurban berupa satu ekor sapi dan kambing diikuti dan disaksikan oleh seluruh warga sekolah.


Menurut Ketua Panitia pelaksanaan qurban, Muh. Afiyanto, S.Pd., kedua hewan qurban tersebut nantinya akan dibagikan kepada seluruh warga sekolah, untuk sekaligus dapat diolah di sekolah.


"Daging tersebut akan dibagikan kepada siswa, guru, dan karyawan. Sebagian akan diolah menjadi makanan untuk dinikmati bersama, sedangkan untuk siswa akan diadakan lomba masak," jelasnya.


Kegiatan tersebut, selain untuk melaksanakan perintah agama juga melatih siswa agar memahami nilai-nilai berbagi sekaligus mengenali adab penyembelihan hewan qurban.


"Tujuan kegiatan ini untuk melatih qurban, melaksanakan syariat islam. Setidaknya dengan acara peringatan hari raya Idul Adha di sekolah ini siswa belajar ikhlas berbagi kepada sesama yang membutuhkan. Selain itu, kurban juga mengajarkan ketaqwaan kepada Alloh Swt.," imbuh guru Ismuba sekaligus staf Pondok Pesantren Modern MGS Yogyakarta tersebut.


Acara peringatan Idul Adha tersebut diakhiri dengan penyajian masakan hasil olahan siswa. Kemudian setelah penjurian selesai dilaksanakan, seluruh siswa menyantap hasil masakan mereka secara bersamaan di halaman sekolah. (alv./ang.)