Tiga Pelajar SMP Muhammadiyah 1 Gamping Raih Juara POPDA DIY

GAMPING – Tiga pelajar SMP Muhammadiyah 1 Gamping berhasil mengukir prestasi dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) 2022 pada (14-18/3). Ketiganya sukses merebut medali dalam 3 cabang yang berbeda, Sinta Rahmadani (Kelas IXB) peraih medali perak dari cabang Atletik Lompat jauh, Jhesen Surya D.S.P. (Kelas IXC) peraih medali perunggu dari cabang Renang Gaya Bebas 200 m, dan Naila Anindita Maharani (Kelas VIIA) peraih medali perak dari cabang Taekwondo.

 

“Saya sangat senang mendapat juara dalam ajang POPDA. Hal ini menjadi bukti dari hasil kerja keras dan latihan yang dijalani. Biasanya saya latihan di Stadion Mandala Krida ataupun Stadion Tridadi. Meskipun harus membagi waktu dengan tugas utama sebagai pelajar, namun saya tidak merasa beban karena ini adalah hobi saya,” ujar salah satu peraih medali, Sinta Rahmadani.

 

Hal senada juga disampaikan Naila Anindita Maharani dan Jhesen Surya D.S.P., menurut mereka prestasi yang dicapai merupakan hasil dari ritus latian yang panjang. Keduanya mengaku telah berlatih sejak dari tingkat sekolah dasar.

 

“Saya latihan Taekwondo sejak kelas 3 SD di Kalingga Taekwondo Club. Dengan hasil yang dicapai tahun ini menjadi motivasi latihan agar tahun depan dapat emas,” ujar Naila Anindita Maharani.

 

“Saya belajar renang sejak kelas 1 SD di Biru Sport Center dan UNY. Latihan tersebut tidak sia-sia. Pencapaian ini menjadi kebanggan tersendiri dan (harapannya dapat) menjujung tinggi derajat orang tua,” imbuh Jhesen Surya D.S.P.

 

Sekilas mengenai kejuaraan POPDA dilansir dari jogjaprov.go.id, Senin (14/3), Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, Didik Wardaya mengatakan, peserta POPDA DIY 2022 adalah para pelajar yang berasal dari sekolah negeri maupun swasta dan mewakili masing-masing Kabupaten/Kota. Total atlet pelajar yang akan berlaga di POPDA DIY 2022 ini mencapai 1.740 atlet, dengan waktu penyelenggaraan 14-18 Maret 2022.

 

Demikian, capaian ini menjadi kebanggaan seluruh warga sekolah mengingat ajang POPDA menjadi salah satu kejuaraan bergengsi di tingkat provinsi. Selaras pendapat Waka. Bid. Kesiswaan, Angga T. Sanjaya, M.Pd., menurutnya hal ini menjadi bukti bahwa sekolah Muhammadiyah memiliki bakat muda yang luar biasa salah satunya dalam bidang olahraga.

 

“Prestasi yang diraih patut kita syukuri sebab hal ini menjadi siasat restorasi terhadap common sense dikotomis antara sekolah negeri dan swasta. Setidaknya dengan berbagai prestasi ini, harapannya kita perlahan dapat mengikis stereotipe non-proporsional terhadap sekolah swasta sekaligus menunjukkan bahwa pelajar di sekolah non-negeri juga mampu menjadi juara,” ujarnya.

 

Apresiasi besar disampaikan oleh Kepala SMP Muhammadiyah 1 Gamping, Ibu Watini, S.Pd.,Si., menurutnya prestasi prestasi membanggakan ini patut dipertahankan dan bahkan dapat ditingkatkan. Peserta didik yang menjadi juara dapat menjadi role model bagi warga sekolah untuk ikut berprestasi.

 

“Saya berharap semoga para prestator dari SMP Muhammadiyah 1 Gamping menjadi inspirasi bagi para siswa, guru atau juga sekolah-sekolah lainnya agar kita lebih optimis untuk melakukan hal serupa demi peningkatan kualitas dan kompetensi. Pada akhirnya, dengan kualitas pendidikan yang terus meningkat diharapkan menjadi stimulus bagi penyiapan sumber daya manusia mendatang,” ujar Kepala SMP Muhammadiyah 1 Gamping, Watini, SPd,, Si. (ang/alv)