Wisuda Tahfidz Sukses Digelar, Muhiga Luluskan Hafidz

 

GAMPING - Wisuda Tartil dan Tahfidz Al Qur'an Juz 1, 29, dan 30 sukses digelar di SMP Muhammadiyah 1 Gamping Rabu, (26/05) pagi. Wisuda diikuti 20 peserta didik dengan dipimpin Ustaz Akbar Sandro Yudho Dhiharso S.Sos.I.,M.S.I selaku pemandu wisuda tartil UMMI serta Ustazah Alfia Reza Adah, S.Pd., sebagai pemandu wisuda tahfidz.

 

"Bagian pertama (wisuda tartil), peserta wisuda membaca serentak surat Al Fatihah, At Takatsur sampai An-Nas, dan surat Al Baqarah 1-5 dilanjutkan uji publik dengan membaca Al Qur'an secara tartil disertai menguraikan hukum tajwidnya. Kemudian di kesempatan berikutnya (wisuda tahfidz), kegiatan dilakukan dengan sistem sambung ayat dan uji hafalan oleh pemandu, tamu undangan, serta hadirin," terang Koordinator acara wisuda, Ustaz Risydan A.B.P.

 

Kegiatan ini menjadi salah satu pengembangan karakter Fullday School Pesantren Modern MGS Yogyakarta. Menurut Waka Kesiswaan, Angga Trio Sanjaya, M.Pd., kelas Tahfidz menjadi program unggulan pengembangan karakter Qur'ani yang sudah berjalan selama 3 (tiga) tahun. "Wisuda tahfidz tahun ini menjadi lulusan pertama program kelas tahfidz metode UMMI sekaligus menandai keberhasilan sekolah dalam membina peserta didik."

 

Kesuksesan wisuda kelas tahfidz ini selaras dengan usaha keras pembimbing dalam mempersiapkan bacaan dan hafalan peserta didik. Menurut pembina Tahfidz, Ustazah Alfia Reza Adah, era pandemi telah memunculkan berbagai keterbatasan ruang interaksi yang awalnya memberi dampak terhadap intensitas muroja'ah, menghafal serta mendalami materi Tajwid dan Ghoroibul Qur'an. Untuk itu, pelaksanaan muroja'ah (mengulang) hafalan dan menyetorkan hafalannya kepada pembimbing dilakukan secara variatif baik online dan offline sekalipun dalam situasi libur nasional sehingga target yang sudah ditentukan terhadap peserta wisuda dapat tercapai.

 

Dengan ketercapaian ini, diharapkan motivasi peserta didik dalam mempelajari Al Qur'an meningkat. "Semakin banyak siswa yang berkeinginan menghafal dan belajar Al Qur'an secara masif sehingga terbentuk karakter qur'ani. Jadi visi misi sekolah yang menjunjung tinggi nilai-nilai islami, unggul, dan berbudaya tidak hanya menjadi wacana dan berhenti sebagai slogan saja." pungkas Kepala SMP Muhammadiyah 1 Gamping, Hj. Umi Rochmiyati, S.Pd. (ang/alv)